Berita Daerah

Perdana : Wakil Bupati Rahmang Buka Kejuaraan Olahraga Tingkat Pondok Pesantren se-Kabupaten Padang Pariaman

Lubuk Pandan,- Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padang Pariaman selenggarakan Kejuaraan  Cabang Olahraga Pencak Silat dan Sepak Takraw Tingkat Pondok Pesantren se-Kabupaten Padang Pariaman yang  digelar mulai hari ini, Senin (17/7). Acara tesebut dibuka langsung oleh  Wakil Bupati Padang Pariaman  Rahmang, di Lapangan Pondok Pesantren Subulussalam Lubuk Pandan. Serta turut dihadiri oleh anggota DPRD daerah pemilihan setempat, Kepala Disparpora, Kepala Kantor Kemenag, Camat, Ketua Koni, dan Ketua Pencab Sepak Takraw Padang Pariaman.

Wabup Rahmang dalam sambutanya menyebutkan, Event ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan dikalangan pondok pesantren, bertujuan untuk membina generasi muda agar menjadi insan yang sehat jasmani dan rohani melalui olahraga dan seni. Serta santri mendapatkan porsi yang sama dengan para pelajar lainnya, oleh karena itu pembinaan olahraga di pondok pesantren perlu ditangani secara profesional.

"Dengan dilaksanakannya Kejuaraan Tingkat Pondok Pesantren se-Kabupaten Padang Pariaman ini, diharapkan muncul bibit-bibit baru yang berkualitas dan berprestasi sehingga akan menjadi utusan atau perwakilan Padang Pariaman ke event kejuaraaan tingkat Nasional bahkan Internasional" sebut Rahmang.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Muhammad Fadhly menjelaskan bahwa event yang baru pertama kali dilakukan ini, diharapkan menjadi awal yang baik bagi event-event yang sama ditahun berikutnya, bahkan akan dikembangkan menjadi lebih luas. “Tahun depan kita merencanakan event seperti ini tetapi dengan peserta yang semakin luas cakupannya dan dengan jumlah cabang yang lebih banyak agar terjaring lebih banyak lagi calon-calon atlit baru”, jelas Muhammad Fadhly.

Selanjutnya Plt. Kepala Bidang Olahraga, Leni Marlina menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan Kejuaraan Pondok Pesantren se-Kabupaten Padang Pariaman dianggarkan dari kegiatan Penyelenggaraan Multi Event dan Single Event Kabupaten/Kota Bidang Olahraga. 

"Kami menargetkan peserta untuk kejuaraan ini adalah santri dan santriwati dari pondok pesantren se-Kabupaten Padang Pariaman. Kami juga berharap acara ini berjalan dengan lancar dengan semangat olahraga yang menjunjung sportifitas" terang Leni.

Kegiatan pada Kejuaraan Tingkat Pondok Pesantren se Kabupaten Padang Pariaman tersebut, diikuti dengan antusias oleh para siswa pondok pesantren dengan mengusung Tema "Gerak santri bangkit negeri" dan Subtema "Santun, sportif, indah dan religius". Kegiatan ini dimulai pada 17-21 Juli 2023 mendatang dengan Cabang Olahraga Pencak Silat 18-20 Juli di Pondok Pesantren Subulussalam, Lubuk Pandan, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung dan Cabang Olahraga Sepak Takraw diselenggarakan pada 17-21 Juli 2023 di Lapangan Futsal ACS Palak Atok, Sungai Abang, Kecamatan Lubuk Alung.

Sebagai penutup dari acara pembukaan ini, Wakil Bupati Padang Pariaman menyerahkan seperangkat alat olahraga secara simbolis dan melakukan tendangan pertama Sepak Takraw bersama Anggota DPRD Padang Pariaman Mothia Aziz dan Yuliasman sebagai tanda acara telah dibuka secara resmi.
 

Bagikan Artikel

https://bkd-nonsertifikasi.uinmataram.ac.id/js/via-dana/ https://p-pkkmb.ubpkarawang.ac.id/vendor/assets/