Berita Daerah

Canangkan BBDW dan BBGRM Tahun 2023, Bupati Suhatri Bur Motivasi Kader PKK Pertahankan Prediket Juara Umum

Ketaping,- Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman lakukan Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma (BBDW) ke 7 dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tahun 2023. Pencanangan dipimpin langsung oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur pada hari ini, Senin (20/03) bertempat di Lesehan Nara Pantai Ketaping Kecamatan Batang Anai.

Ikut hadir mendampingi Bupati, Asisten dan Staf Ahli, Kabag di lingkungan Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sekwan, Kepala OPD, Camat dan Wali Nagari yang didampingi Ketua PKK masing-masing. 

Hadir dalam pencanangan tersebut, Ketua TP PKK Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur, Ketua GOW Yusnelly Rahmang, Ketua DWP Yanti Rudy Rilis. Tampak juga hadir anggota DPRD Padang Pariaman Rahman Rizal, Direktur RSUD Jasneli, dan direktur PDAM Aminudin. 

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan BBDW dan BBGRM ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tahunnya. Dalam hal ini Bupati Suhatri Bur sangat apresiasi TP PKK Padang Pariaman yang sangat aktif dalam menjalankan 10 program pokoknya. Sehingga hasil pembinaan kepada masyarakat melalui program-programnya dapat dirasakan. 

"Alhamdulillah tahun kemarin TP PKK Padang Pariaman mendapat hasil yang gemilang tingkat Sumatera Barat sebagai juara umum," ungkapnya mengapresiasi.

Lebih lanjut terangnya "berdasar Permendagri Nomor 42 Tahun 2015 tentang pedoman penyelenggaraan BBGRM diharapkan kegiatan ini dapat melestarikan nilai-nilai gotong royong yang ada di masyarakat tetap terjaga,".

Kemudian Bupati Suhatri Bur meminta jajaran PKK untuk tetap bersemangat menjalankan 10 program pokoknya. Terutama Dasawisma yang menjadi ujung tombak implementasi semua program. Sehingga dari program Dasawisma tersebut diharapkan bisa menjadi pelopor kebaikan di rumah dan lingkungan sekitarnya. 

"Program Dasawisma merupakan solusi dalam hal menambah penghasilan keluarga dan menjaga generasi penerus dari pengaruh narkoba, serta mampu memberi gizi yang cukup dalam memberikan jaminan kesehatan masyarakat," harapnya.

Mengakhiri sambutannya dia menghimbau kepada seluruh perangkat daerah, dan pemerintahan nagari agar bersama-sama masyarakat membudayakan gotong royong di lingkungan masing-masing. Baginya yang gotong royong itu harus menjadi budaya, bukan hanya saat pencanangan saja. 

"BBDW boleh satu bulan, tetapi yang Bulan Bhakti Gotong Royong harus dibudayakan minimal satu kali sebulan. Dimulai hari ini pencanangannya untuk ditindaklanjuti dan diteruskan pada bulan berikutnya," pungkas Suhatri Bur menegaskan. 

Sebelumnya, Ketua TP PKK Padang Pariaman Yusrita melaporkan bahwa tahun 2022 kemarin TP PKK Padang Pariaman meraih juara umum tingkat Sumatera Barat. Dia berharap, prestasi tahun lalu tersebut dapat dicapai kembali. Makanya dia menekankan seluruh rumah pengurus betul-betul berupaya memiliki tanaman untuk pemenuhan kebutuhan pokok di pekarangan rumahnya. 

"Sehingga menjadi contoh bagi masyarakat dan mudah-mudahan prestasi tahun kemarin dapat kita capai kembali," terangnya. 

Pada kesempatan itu dia juga menyampaikan, TP PKK Padang Pariaman memiliki program satu korong satu nagari. Artinya, katanya, dalam setiap nagari itu harus ada satu korong yang menjadi andalan dalam menggerakkan 10 program PKK. Sehingga apabila ada orang yang berkunjung ke nagari tersebut akan merasakan program PKK itu nampak dan tamu yang datang bisa langsung memetik buah atau tanaman yang diinginkannya.

"Sangat di mohonkan kerjasama kepada OPD, dan camat, serta wali nagari agar dapat bekerja sama untuk mengingatkan dan mensupport ketua PKK nya masing-masing," ujarnya berharap. 

Yusrita sangat mengapresiasi PKK kecamatan dan nagari se Kabupaten Padang Pariaman, karena masing-masingnya sangat aktif dalam menggerakkan Dasawisma. Dia menyarankan agar hal ini dapat ditingkatkan dalam bentuk kegiatan yang langsung menyentuh kehidupan masyarakat setempat. 

"Setiap kegiatan Dasawisma atau PKK harus di dokumentasikan kemudian langsung dimasukan ke Simpedas," tegasnya menambahkan. 

Pencanangan BBDW dan BBGRM Tahun 2023 ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur sebanyak tiga kali. Kegiatan dengan Tema "Kita Tingkatkan Sinergisitas Gerakan PKK dan Pemerintah, Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Mewujudkan Indonesia Tumbuh" ini terselenggara atas kerjasama TP PKK dan DPMD Padang Pariaman.

Bagikan Artikel