page loader

Berita Daerah

Inovasi Lapor Pak!

12-08-2025
Share:
Image Carousel

Masyarakat atau anggota masyarakat 
pada umumnya mempunyai prilaku yang berbeda beda terkait sakit dan 
penyakit. Prilaku tersebut tercermin dalam respon yang dilakukan apabila 
mereka diserang penyakit dan merasakan sakit mulai dari tidak bertindak atau 
hingga tidak melakukan apa-apa.  
Maka dapaat disimpulkan bahwa prilaku pencarian pelayanan kesehatan 
adalah reaksi atau respon seseorang mencari pelayanan untuk mendapatkan 
tindakan dari sakit yang di derita baik secara preventif (pencegahan) dan 
promotif (peningkatan kesehatan) 
Prilaku orang yang sakit atau yang telah terkena masalah kesehatan 
merupakan prilaku untuk memperoleh penyembuhan Atau pemecahan 
masalah kesehatannya. 
Namun beberapa dari masyarakat memiliki kecenderungan prilaku tidak 
bertindak atau tidak melakukan apa-apa saat mengalami penyakit. sehingga 
mendapatkan keterlambatan dalam penanganan kesehatan.  
Di wilayah kerja Puskesmas Limau Purut sering menemukan masyarakat yang 
menderita sakit namun tidak ingin melakukan tindakan pengobatan dan 
melaporkan penyakitnya, sehingga beberapa penyakit dapat tertular tanpa ada 
tindakan pencegahan. 
Hal ini menjadi perhatian oleh tim Kesehatan Puskesmas Limau Purut, dengan 
membentuk kesadaran masyarakat dan aksi tolong menolong bersama 
masyarakat, Puskesmas Limau Purut membentuk sebuah Inovasi yaitu 
LAPOR PAK! ( Lakukan Percepatan Penanggulangan Orang Sakit Oleh 
Masyarakat pada awal di Ketahui).

Inovasi ini menyediakan layanan scan 
barcode sebagai upaya dan langkah awal masyarakat melaporkan 
keluarganya,tetangganya atau masyarakat dalam lingkungan nya ke 
Puskesmas Limau Purut jika terlihat atau ditemukan sakit. 
Sehingga Tim kesehatan Puskesmas Limau Purut dapat menindak lanjuti 
segera laporan dan penyakit yang di derita oleh masyarakat yang melapor.