Masyarakat atau anggota masyarakat
pada umumnya mempunyai prilaku yang berbeda beda terkait sakit dan
penyakit. Prilaku tersebut tercermin dalam respon yang dilakukan apabila
mereka diserang penyakit dan merasakan sakit mulai dari tidak bertindak atau
hingga tidak melakukan apa-apa.
Maka dapaat disimpulkan bahwa prilaku pencarian pelayanan kesehatan
adalah reaksi atau respon seseorang mencari pelayanan untuk mendapatkan
tindakan dari sakit yang di derita baik secara preventif (pencegahan) dan
promotif (peningkatan kesehatan)
Prilaku orang yang sakit atau yang telah terkena masalah kesehatan
merupakan prilaku untuk memperoleh penyembuhan Atau pemecahan
masalah kesehatannya.
Namun beberapa dari masyarakat memiliki kecenderungan prilaku tidak
bertindak atau tidak melakukan apa-apa saat mengalami penyakit. sehingga
mendapatkan keterlambatan dalam penanganan kesehatan.
Di wilayah kerja Puskesmas Limau Purut sering menemukan masyarakat yang
menderita sakit namun tidak ingin melakukan tindakan pengobatan dan
melaporkan penyakitnya, sehingga beberapa penyakit dapat tertular tanpa ada
tindakan pencegahan.
Hal ini menjadi perhatian oleh tim Kesehatan Puskesmas Limau Purut, dengan
membentuk kesadaran masyarakat dan aksi tolong menolong bersama
masyarakat, Puskesmas Limau Purut membentuk sebuah Inovasi yaitu
LAPOR PAK! ( Lakukan Percepatan Penanggulangan Orang Sakit Oleh
Masyarakat pada awal di Ketahui).
Inovasi ini menyediakan layanan scan
barcode sebagai upaya dan langkah awal masyarakat melaporkan
keluarganya,tetangganya atau masyarakat dalam lingkungan nya ke
Puskesmas Limau Purut jika terlihat atau ditemukan sakit.
Sehingga Tim kesehatan Puskesmas Limau Purut dapat menindak lanjuti
segera laporan dan penyakit yang di derita oleh masyarakat yang melapor.