Berita Daerah

Maksimalkan Peran Bamus Di Nagari, Pemkab Padang Pariaman Adakan Pelatihan

Paritmalintang, - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Padang Pariaman menyelenggarakan Pelatihan Badan Permusyawarahan Nagari (Bamus Nagari) Tahun 2023. Dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Rudy Repenaldi Rilis bertempat di Hall IKK Paritmalintang pada Kamis, (04/05).

Pelatihan yang diperuntukkan bagi Bamus di 103 Nagari di Kabupaten Padang Pariaman ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan sumber daya Bamus dalam menjalankan fungsinya sebagai salah satu lembaga nagari.

Dalam sambutannya, Rudy R. Rilis menyampaikan, pembentukan lembaga Bamus nagari di Kabupaten Padang Pariaman pada dasarnya merupakan lembaga pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk nagari yang ditetapkan secara demokratis.

"Keberadaan Bamus di dalam sistem pemerintahan nagari merupakan salah satu bukti keterlibatan masyarakat dalam menjalankan fungsi pemerintahan nagari," ungkapnya.

Lebih lanjut Rudy memaparkan, dalam menjalankan fungsinya, berdasarkan Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawarahan Desa (nagari), Bamus Nagari memiliki 3 (tiga) fungsi utama, yakni membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, serta melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

"Bamus nagari harus menjadi partner serta menjadi pilar utama dalam menjembatani koordinasi kerja antara pemerintah nagari dengan masyarakat," sebutnya.

Dikesempatan yang sama, Rudy R. Rilis juga membahas soal pertumbuhan ekonomi Kabupaten Padang Pariaman, isu stunting, dan kenalakan remaja. Rudy berharap, keberadaan Bamus sebagai lembaga delegasi terbawah di sistem pemerintahan bisa membantu Pemerintah Daerah dalam mewujudkan visi misi Padang Pariaman Berjaya sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD. 

Sebelumnya, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Riyan Fikri melaporkan, pelatihan yang berlangsung selama satu hari ini menghadirkan narasumber Kadis PMD Hendri Satria, Inspektur Hendra Aswara, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang Zikri Alhadi, Kepala Bidang Keuangan dan Aset Nagari Deded Permana, dan Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa Maysar Ariski.

Disamping itu, kegiatan pelatihan ini turut dihadiri oleh Jajaran Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Turut hadir Ketua Forum Bamus Dedi Edward.

Bagikan Artikel

https://bkd-nonsertifikasi.uinmataram.ac.id/resources/css/ https://bphtb.bandungkab.go.id/media/js/gacor/ https://lms.ikopin.ac.id/search/tests/ https://hitungcepat.sumbawakab.go.id/system/product/ https://rsudbnh.lampungprov.go.id/assets/js/ https://digilib.stas.ac.id/files/ slot demo anti lag