Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah, Suhatri Bur Sebut Silat Sebagai Warisan

Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah, Suhatri Bur Sebut Silat Sebagai Warisan

Parit Malintang,- Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur buka secara resmi Kejuaraan Pencak Silat Sirkuit III Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia (PPS SMI) Komisariat Daerah (Komda) Sumatera Barat. Bertempat di Gedung Olahraga Parit Malintang Kecamatan Enam Lingkung, kemarin Jumat (23/09).

Dalam sambutannya, Suhatri Bur menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komda PPS SMI Sumatera Barat, karena telah mempercayakan Kabupaten Padang Pariaman sebagai tuan rumah. Dia menyebut, selain sebuah kompetisi, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi antar perguruan pencak silat se Sumatera Barat.

“Dari aspek mental, inilah bagian dari olahraga yang harus kita dukung,” tambahnya.

Bupati Suhatri Bur juga mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta dan tamu undangan. Pada kesempatan itu, dia juga menyampaikan sejarah singkat berdirinya PPS SMI yang menjadi besutan Prabowo Subianto ini.

“Silat adalah warisan, makanya mengetahui sejarah itu juga penting,” tutur Ketua DPD PAN Padang Pariaman ini.

Mengakhiri sambutanya, dia berterima kasih kepada Komwil PPS SMI Padang Pariaman dan sangat memberi apresiasi. Dia mengaku salut, karena baru saja dilantik namun mampu mengangkatkan turnamen tingkat Sumatera Barat.

“Selamat kepada pengurus PPS SMI Padang Pariaman, semoga dapat menjadi mitra kerja pemerintah daerah di bidang olahraga untuk Padang Pariaman Berjaya,” ajak Suhatri Bur yang juga Ketua Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Sumatera Barat ini.

Sebelumnya, H. Erman Safar Ketua Komda PPS SMI Sumatera Barat mengucapkan selamat bertanding. Dia menyebut, seluruh peserta adalah orang-orang terlatih yang dilatih dan di bina oleh Komwil masing-masing.
Dan dia berharap, melalui kegiatan ini para atlet dapat menjunjung tinggi sportivitas dan dapat menjadi salah satu bentuk pembinaan dalam upaya mengembangkan para atlet.

“Junjung tinggi sportifitas, jati diri seorang pencak silat harus kita munculkan,” tegasnya.

Kejuaraan ini berlangsung selama tiga hari
dilaksanakan 23, 24, 25 September 2022.
Tercatat 12 Komwil Se Sumatera Barat sebagai peserta. Diantaranya Komwil Padang Pariaman, Kota Pariaman, Padang, Padang Panjang, Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kabupaten 50 Kota, Payakumbuh, Kabupaten Solok dan Solok Selatan, Kabupaten Dharmasraya, dan Kabupaten Sijunjung.

Sirkuit III PPS SMI ini, menghadirkan 400 orang lebih ksatria muda Se Sumatera Barat. Tampak juga hadir Wakil Ketua IPSI Sumatera Barat Zulhadi Z Latif, Ketua DPRD Kota Bukittinggi Beny Yusrial,
Tokoh dan Dewan Guru PPS SMI, serta unsur Forkopimda Padang Pariaman.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan pelantikan danpengukuhan Komwil PPS SMI Kabupaten Padang Pariaman, yang ketuai oleh Soni Putra.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: