Pemkab Padang Pariaman Dukung Gerakan Rumah Tahfizh Alquran di Sekolah

Pemkab Padang Pariaman Dukung Gerakan Rumah Tahfizh Alquran di Sekolah

Parit Malintang,- Bertempat di SDN 05 2X11 Enam Lingkung, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, resmikan Rumah Tahfidz Al-Qur’an Se Kabupaten Padang Pariaman. Peresmian juga dilakukan untuk empat Rumah Tahfizh lainnya, yaitu Rumah Tahfizh SMPN 1 Ulakan, SDN 08 Enam Lingkung, SDN 07 Sintoga, dan Pondok Tahfizh Nurul Ikhlas Lubuk Alung.

Ikut hadir mendampingi Bupati Suhatri Bur Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan H. Anwar, Kepala Bapelitbangda Azwarman, Kabag Kesra Syamsirman. Turut hadir dalam peresmian tersebut anggota DPRD Padang Pariaman Mothia Azis dan Yuliasman, Camat dan wali nagari, serta kepala sekolah rumah tahfiz yang diresmikan.

Dalam sambutannya, Bupati Suhatri Bur menyatakan, peresmian Rumah Tahfiz ini merupakan suatu berkah yang luar biasa dan menjadi bagian wujud impelementasi Padang Pariaman religius yang telah dicanangkan. Makanya dia berharap, Rumah Tahfizh ini bisa menjamur di Padang Pariaman.

“Tempat pembinaan Alquran seperti Rumah Tahfizh ini adalah wujud visi Padang Pariaman Berjaya,” ungkapnya saat peresmian tersebut, pada Rabu (14/09).

Lebih lanjut dia menerangkan bahwa fungsi dari Rumah Tahfidz ini sebagai pusat pembelajaran, pembinaan, dan pengembangan, serta menjaring dan menumbuh kembangkan Hafidz dan Hafidzah Al-Qur’an. Dia menegaskan, pembinaan dari Rumah Tahfuzh ini harus ada pembinaan berkelanjutan terhadap para penghafal Al-Qur’an.

“Sehingga Rumah Tahfidz akan tumbuh berkembang dan mampu mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas dan Qur’ani,” katanya lagi.

Dihubungi terpisah, Azwarman praktisi sekaligus penggerak Rumah Tahfizh Alquran di Padang Pariaman menyatakan, peresmian lima Rumah Tahfizh tersebut adalah cikal bakal menjamurnya Rumah Tahfizh Alquran berikutnya. Karena katanya, gerakan ini akan dimasifkan melalui koordinasi Bagian Kesra.

“Selanjutnya kita akan berkolaborasi dengan beberapa OPD terkait, termasuk Dinas Pendidikan untuk menggerakan Rumah Tahfiz di Padang Pariaman,” ungkapnya.

Dia berharap, peresmian hari ini dapat memberi semangat kepada sekolah-sekolah lain se Kabupaten Padang Pariaman untuk menggerakan Rumah Tahfizh ini. Makanya dia juga berharap dukungan dan kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Rumah Tahfizh di sekolah akan menjadi cikal bakal hafizh dan hafizhah Kabupaten Padang Pariaman,” ujarnya berharap.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: