Tim Penilai Kunjungi Kelompok Asman Happy di Nagari Katapiang

Tim Penilai Kunjungi Kelompok Asman Happy di Nagari Katapiang

Katapiang, – Tim penilai lomba Asuhan Mandiri Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga) dan Akupresur tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 melakukan penilaian dan verifikasi lapangan ke Kelompok Asman Happy di Korong Batang Sariak, Nagari Katapiang, Jumat, (24/06).

Kedatangan rombongan tim penilai tersebut disambut langsung oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dan didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. Aspinuddin.

Dalam sambutannya, Suhatri Bur mengatakan Asman Happy berhasil meraih peringkat pertama dari 104 Asman yang ada di Kabupaten Padang Pariaman pada penilaian tingkat Kabupaten Padang Pariaman pada November 2021 lalu.

Bupati kelahiran 1970 ini menambahkan, pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA) dan keterampilan akupressure sebagai salah satu metode kesehatan tradisional diharapkan mampu memberikan solusi terbaik bagi permasalahan kesehatan yang dialami oleh masyarakat.

“Semoga pembinaan di kelompok dan setiap anggotanya bisa memberikan pencegahan terhadap penyakit ringan di masyarakat sehingga visi Padang Pariaman Berjaya dapat dilaksanakan.” Ujarnya.

Dengan adanya Penilaian Kelompok ASMAN berprestasi tersebut, ia berharap dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan menjaga keberlangsungan budaya akan pentingnya kesehatan keluarga.

“Melalui penilaian Kelompok Asuhan Mandiri Pemanfaatan TOGA dan Akupressure Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Korong Batang Sariak Nagari Ketaping Kecamatan Batang Anai ini, semoga Kabupaten Padang Pariaman berhasil mendapatkan Juara 1.” Harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr. Aspinudin mengatakan, salah satu strategi pembangunan kesehatan di Padang Pariaman adalah mendorong masyarakat untuk memelihara kesehatan serta mengatasi gangguan kesehatan ringan secara mandiri melalui tanaman obat keluarga dan akupressure.

“Terima kasih kepada seluruh kompenen masyarakat yang telah bersama-sama mewujudkan strategi pembangunan kesehatan tradisional ini. Mudah-mudahan tanaman obat keluarga dan akupresure dapat membantu proses penyembuhan dan pemulihan penyakit ringan.” Tutupnya.

Acara penilaian turut dihadiri oleh Staf Ahli dan Asisten di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Pariaman, Sekretaris Dewan, Inspektur, Kepala Kantor/ Badan/ Bagian Se-Kabupaten Padang Pariaman, Camat Batang Anai beserta Ketua TP-PKK Kecamatan Batang Anai, Direktur RSUD Kabupaten Padang Pariaman, GM PT Angkasa Pura II Bandar Udara Internasional Minangkabau, GM PT Pertamina DPPU Minangkabau, Kepala BPJS Kabupaten Padang Pariaman, Wali Nagari Se- Kecamatan Batang Anai. (IKP-Kominfo/e)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: