Wakili Kabupaten Padang Pariaman, Suhatri Bur Berharap Nagari Padang Toboh Ulakan Bisa Wakili Sumbar Di Tingkat Regional

Wakili Kabupaten Padang Pariaman, Suhatri Bur Berharap Nagari Padang Toboh Ulakan Bisa Wakili Sumbar Di Tingkat Regional

Padang Toboh Ulakan – Dalam rangka penilaian lomba nagari tahap II  tahun 2022 Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Padang Pariaman menyambut kedatangan tim penilai lomba Nagari Tingkat Provinsi Sumbar di Nagari Padang Toboh Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis, Jumat (17/06).

Nagari Padang Toboh Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakih merupakan satu-satunya perwakilan Nagari di Kabupaten Padang Pariaman yang telah lulus seleksi untuk mewakili Kabupaten Padang Pariaman dalam perlombaan Nagari tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022. Sebelumnya, Nagari Padang Toboh Ulakan telah melewati perlombaan tingkat Nagari dan Kacamatan.

“Dalam penyelenggaraan lomba Nagari dilaksanakan secara berjenjang dengan melakukan evaluasi, mulai dari tingkat Nagari hingga lomba tingkat Kecamatan, tingkat Kabupaten dan tingkat Propinsi. Yang semuanya itu dilakukan melalui 3 tahapan penilaian.” Ujarnya.

Suhatri Bur yang akrab disapa Aciak ini menguraikan, berdasarkan hasil rekapitulasi penilaian sebelumnya, Nagari Padang Toboh Ulakan memperoleh peringkat satu, kemudian dilanjutkan oleh Nagari III Koto Aur Malintang dan Nagari Kudu Gantiang Barat. Dari tiga nagari tersebut, Suhatri Bur menilai bahwa inovasi yang dilahirkan oleh Nagari Padang Toboh Ulakan mampu menjawab kebutuhan masyarakat pasca covid 19 dalam hal ketahanan pangan dan pemulihan ekonomi masyarakat nagari.

“Dari 3 tiga Nagari terbaik tersebut, dilihat dari Inovasi yang dimiliki, Nagari Padang Toboh Ulakan memiliki inovasi yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat pasca pandemi covid-19, dan tentunya sesuai dengan prioritas penggunaan anggaran tahun 2022.” Ungkapnya.

Aciak mengaku, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh Nagari Padang Toboh Ulakan. Karena program yang disusun secara nyata telah membantu terwujudnya Visi pembangunan yang telah ditetapkan, yaitu Padang Pariaman Berjaya.

“Harapan kami dan seluruh lapisan masyarakat, semoga Nagari Padang Toboh Ulakan termasuk Nagari yang berprestasi untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat dan dikirim ke tingkat Nasional.” Harapnya.

Sementara itu, Tim Penilai yang dipimpin oleh Kadis PMD Sumbar yang diwakili oleh Kabid Pemerintahan Nagari Desrianto Boy mengucapkan selamat dan apresiasi pada Nagari Padang Toboh Ulakan atas keberhasilannya dalam mewakili Nagari di Kabupaten Padang Pariaman.

“Artinya, Nagari ini telah berhasil melewati dua tingkatan penilaian, pertama tingkat kecamatan, kemudian tingkat Kabupaten. Kini saatnya diadakan penilaian tingkat Provinsi.” Ujarnya.

Karena lomba dilaksanakan pasca Covid-19 yang menyebabkan runtuhnya sendi-sendi ekonomi masyarakat, maka dalam pelaksanaan lomba nagari 2022 ini, menitik beratkan pada bagaimana langkah-langkah yang diambil oleh pemangku kebijakan dalam menangani nagari  nagari pasca covid 19.

“Maka nantinya kita berharap, adanya inovasi-inovasi yang dilahirkan oleh Pemerintah Nagari serta mewujudkan Nagari bersih dan tangguh.” Tutupnya.


Acara penilaian dilanjutkan dengan pembacaan ekspos Nagari Padang Toboh Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih oleh Wali Nagari Padang Toboh Ulakan Bakhri. Di samping itu, penilaian juga turut dihadiri oleh Ketua DPRD Padang Pariaman, Ketua TP-PKK Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur, Forkopimda Padang Pariaman, Kepala OPD/Bagian/Badan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Kepala Bank Nagari Cabang Lubuk Alung, Forkopimca, Camat, Wali Nagari dan tokoh masyarakat setempat. (IKP-Kominfo).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: