Bupati Suhatri Bur, Hadiri Tasyakuran Hari Jadi Baznas ke 21

Bupati Suhatri Bur, Hadiri Tasyakuran Hari Jadi Baznas ke 21

Parit Malintang – Dalam rangka perayaan hari jadi Baznas ke 21 yang bertepatan pada 17 Januari lalu, Baznas Padang Pariaman menggelar tasyakuran sekaligus Penganugerahan penghargaan kepada tokoh penggerak zakat 2022 di Hall Saiyo Sakato Pariaman, Kamis (20/01).

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan lembaga pemerintah non struktural yang dimandatkan oleh Undang Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat Nasional. BAZNAS memiliki tugas pokok dan fungsi untuk pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Berkaitan dengan tugas pokok tersebut, Baznas Padang Pariaman telah banyak berkontribusi untuk kesejahteraan masyarakat dengan berbagai macam program unggulan, diantaranya Program beasiswa berprestasi, program bantuan rumah tak layak huni, program bantuan biaya berobat, program bantuan modal usaha, serta bantuan untuk bidang keagamaan.

Dalam laporannya, Ketua Baznas Dr. Rahmad, Tk. Sulaiman MM menyebutkan bahwasanya indeks grafik zakat terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada Juli 2020 perhimpunan zakat berada di angka 6,9 Milyar. Sedangkan pada tahun 2021 menurut update terakhir berada di angka 8,2 Milyar.

“Insya Allah di tahun 2022, kita targetkan untuk menyentuh angka 10,2 Milyar. Kita terus berikhtiar untuk mewujudkan ini” Ujarnya.

Rahmad mengatakan, ia beserta jajaran terus melakukan upaya untuk meningkatkan kepercayaan muzakki dengan terus berbenah dan meningkatkan layanan dan melaunching aplikasi-aplikasi yang memudahkan muzakki untuk membayarkan zakatnya.

Baznas Padang Pariaman telah banyak menerima penghargaan, salah satunya status WTP (wajar tanpa pengecualian) pada 2020 lalu. Baru-baru ini, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE, MM berhasil meraih Zakat Award pada 17 Januari lalu di Jakarta untuk kategori Kepala Daerah Pendukung Gerakan Zakat Indonesia, satu-satunya di Sumatera Barat dan hanya untuk sepuluh Kabupaten di Indonesia karena dukungannya yang maksimal dan optimal sebagai kepala daerah.

Suhatri Bur berharap, BAZNAS Kabupaten Padang Pariaman dapat lebih optimal dalam mengumpulkan dan menyalurkan dana zakat. Ia menyebutkan, Pemerintah daerah akan tetap berkomitmen dalam mendorong optimalisasi pencapaian penerimaan zakat di wilayah Kabupaten Padang Pariaman.

“Semoga BAZNAS Kabupaten Padang Pariaman semakin eksis serta mampu membangun sinergisitas dengan program-program Pemerintah Daerah sehingga masyarakat betul-betul dapat merasakan kehadiran dari Baznas ini” harapnya.

Baznas Award ini turut dihadiri oleh Bupati Padang Pariaman 2 Periode (2010-2020) Drs. H. Ali Mukhni, Ketua DPRD Padang Pariaman Ir. H. Arwinsyah, MT,  Perwakilan Kapolres Padang Pariaman, Perwakilan Dandim 0308, Perwakilan Kapolres Kota Pariaman, Kepala Kantor Kemenag H. Syafrizal, S. Ag, Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman Rudy Repenaldy Rilis, S. STP, MM, segenap unsur Forkopimda, Kepala OPD se-Kabupaten Padang Pariaman, Kepala Sekolah SMP  se-Kabupaten Padang Pariaman, dan Bendaharawan Gaji Se-Kabupaten Padang Pariaman.

Dalam penganugerahan tersebut, ada beberapa kategori penghargaan yaitu, Kategori Inisiator Zakat Padang Pariaman diraih oleh Drs. H. Ali Mukhni, tokoh penggerak zakat kategori Bapak Amil Zakat Padamg Pariaman Drs. H.Ahmad Syukri,MM, Suhatri Bur, SE, MM, Syamsuardi Surma,S.Sos.

Selanjutnya, Kategori Pengumpul Terbaik di Lingkungan OPD se-Kabupaten Padang Pariaman, yaitu Bendahara Setda, Bendahara SMPN 1 SINTOGA sebagai Pengumpul Terbaik di Lingkungan SMP se-Kabupaten Padang Pariaman, Bendahara KSPW Batang Anai sebagai Pengumpul Terbaik di Lingkungan KSPW se-Kabupaten Padang Pariaman.

Selanjutnya di bidang UPZ, UPZ Nagari Pungguang Kasiak Lubuk  Alung, UPZ Nagari Sintuak, dan UPZ Naagari Toboh Gadang berhasil meraih penghargaan sebagai UPZ Terbaik Se-Kabupaten Padang Pariaman.

Sementara itu, peraih penghargaan kategori Muzakki Perantau luar daerah adalah H. Auang, H. Lawanis, H. Ramal Saleh, Drs. Zulkaham, M. Pd dan Muzakki Lokal Alam Syahri SE. Husni Tamrin Tk Labai Sinaro, S.Pd. I sebagai tokoh masyarakat penggerak zakat dan  Trisma Yeni sebagai Relawan Pengumpul Zakat

Kategori pengelola kotak infaq terbaik se-Kabupaten Padang Pariaman berhasil diraih oleh swalayan saga sicincin dan swalayan lubuk alung. Kemudian, Penghargaan atas kerjasama dalam partisipasi pelaksanaan pengumpulan sedekah bencana untuk korban Semeru Lumajang diraih oleh HMI Komisariat STKIP YDB Lubuk Alung. (Kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: