Dukung Gerakan Zakat Indonesia, Bupati Padang Pariaman Raih Anugerah Zakat Award 2022

Dukung Gerakan Zakat Indonesia, Bupati Padang Pariaman Raih Anugerah Zakat Award 2022

Jakarta,- Dalam rangka mengapresiasi kinerja organisasi pengelola zakat dan stakeholder yang mendukung dan mendorong gerakan zakat Indonesia, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI kembali menggelar anugerah BAZNAS Award 2022 di Golden Ballroom The Sultan Hotel Jakarta, pada Senin (17/1).

Anugrah Zakat Award ini, bertujuan untuk memberikan penghargaan bagi para Tokoh dan Kepala Daerah Pendukung Gerakan Zakat Indonesia serta organisasi Perbankan dan para pihak yang berjasa atas perkembangan zakat di tanah air, yang dikelompokkan dalam 40 kategori penilaian.
Salah satu kategori penerimanya adalah sebagai Kepala Daerah Pendukung Gerakan Zakat Indonesia, yang untuk kelompok Kabupaten diraih oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur. Dengan indikator keberhasilan diantaranya, dukungan Kepala Daerah dari aspek regulasi, pendanaan serta sarana dan prasarana terhadap lembaga BAZNAS Kabupaten Padang Pariaman.

Penganugerahan BAZNAS Award 2022 diikuti secara virtual oleh Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’aruf Amin dan Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas serta dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Dr. Muhadjir Effendy MPA. dan Ketua BAZNAS Prof. DR. H. Noor Achmad, MA. beserta jajarannya. Gubernur Sumbar Mahyeldi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Kofifah Indar Parawansa, Bupati dan Walikota penerima anugerah beserta Ketua BAZNAS seluruh Indonesia.

Sementara Bupati Padang Pariaman didampingi Ketua BAZNAS Kabupaten Padang Pariaman DR. Rahmat Tk. Sulaiman, S.Sos. MM. oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. H. Anwar, MSi. Kabag Prokopim Anesa Satria, SH. MM dan Kabag Kesra Setdakab. Drs. Azwarman, MM.

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun BAZNAS ke 21 ini, mengusung tema “Menjadi Lembaga Menyejahterakan Umat”. Dengan standar penilaian Indeks Zakat Nasional (IZN) dan juga penilaian yang bersifat kuantitatif dan kualitatif. Dalam kesempatan itu, juga dilakukan launching Brand Identity BAZNAS dan Kantor Digital BAZNAS yang dilanjutkan dengan presentasi serta pemutaran video Re-branding dan kantor digital.

Usai menerima penghargaan, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyampaikan ungkapan rasa syukur atas anugerah yang diberikan. Dia berharap, BAZNAS Kabupaten Padang Pariaman dapat lebih optimal dalam mengumpulkan dan menyalurkan dana zakat. Pemerintah daerah akan tetap berkomitmen dalam mendorong optimalisasi pencapaian penerimaan zakat di wilayah Kabupaten Padang Pariaman.

“Atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS Kabupaten Padang Pariaman, atas prestasi bersama ini. Semoga BAZNAS semakin eksis dan keberadaannya dapat dirasakan oleh masyarakat, serta mampu membangun sinergisitas dengan program-program Pemerintah Daerah. Diantaranya, peningkatan sektor Ekonomi, Bidang Kesehatan, Pendidikan dan Kemanusiaan, serta pembangunan bidang Dakwah dan Advokasi tentang zakat”, ujar Suhatri Bur yang juga mantan Ketua BAZNAS Padang Pariaman itu.

Bupati mengatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi bagi BAZNAS Kabupaten Padang Pariaman dan Unit Pengumpul Zakat yang ada di instansi dan lembaga serta di seluruh Nagari. Agar dapat memaksimalkan pengumpulan zakat, infak dan shadaqah serta dana sosial keagamaan lainnya yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan hidup orang-orang kurang beruntung atau mustahiq.

“Kontribusi zakat dalam upaya pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan umat sangatlah besar. Maka dari itu, kami berharap penghargaan ini mampu memacu semangat BAZNAS Kabupaten Padang Pariaman untuk bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam menjalankan program-programnya. Sehingga akan mewujudkan BAZNAS yang kuat dan modern, serta mampu menciptakan mustahiq menjadi Muzakki. Tentunya sukses penyaluran zakat ini, sangat mendukung terwujudnya visi Padang Pariaman Berjaya. Terutama dalam menanamkan nilai-nilai religius dalam kehidupan bermasyarakat, berupa kesadaran untuk menunaikan zakat, infaq dan shodaqoh”, ujarnya.

Senada dengan itu, Ketua BAZNAS Kabupaten Padang Pariaman Rahmat Tk. Sulaiman mengatakan. Bahwa Dia bersama teman-teman akan terus berkomitmen untuk menjadikan BAZNAS Kabupaten Padang Pariaman sebagai lembaga terpercaya dan profesional, dalam melayani Muzakki dan menyejahterakan masyarakat Padang Pariaman. Kepercayaan dari Muzakki dalam menyerahkan zakatnya kepada BAZNAS Padang Pariaman, untuk kemudian disalurkan kepada Mustahik dengan cepat dan tepat.

“Dukungan dan fasilitasi dari Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman sangat kita harapkan, dalam upaya dan ikhtiar meningkatkan pengumpulan zakat untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat” tambahnya.

Ketua BAZNAS Padang Pariaman mengatakan, bahwa untuk melayani Muzakki dan Mustahik secara profesional, perlu didukung oleh sarana prasarana yang memadai.

“Kita berharap, semua stakeholder untuk bisa terus bersinergi dan berkolaborasi dengan BAZNAS Kabupaten Padang Pariaman dalam mensejahterakan umat khususnya dalam pengentasan kemiskinan di Kabupaten Padang Pariaman”, tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: