Diskominfo Padang Pariaman Selenggarakan Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik.

Diskominfo Padang Pariaman Selenggarakan Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik.

Parik Malintang,— Mewakili Bupati Padang Pariaman Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Rudi Rahmat, SE. MM membuka secara resmi Sosialisasi Penyelenggaraan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) untuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), yang diprakarsai oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Padang Pariaman, bertempat di Aula Bappelitbangda Kawasan IKK (Ibu Kota Kabupaten) di Nagari Parik Malintang Kecamatan Anam Lingkuang, pada Kamis (16/12).

“Saya berharap, kepada seluruh Wali Nagari untuk serius dalam mengikuti pelatihan ini dan dapat langsung menerapkannya di Nagari masing masing. Sehingga, nantinya terwujud Padang Pariaman yang informatif mulai dari Nagari,” ujar Rudi.

Dia mengatakan, bahwa kehadiran Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan pengelolaan informasi yang dilakukan oleh PPID. Seperti diantaranya, hak setiap orang untuk memperoleh Informasi. Kemudian, kewajiban Badan Publik menyediakan dan melayani permintaan Informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/proporsional dan dengan cara sederhana. Selanjutnya, mengatur tentang pengecualian informasi bersifat ketat dan terbatas. Serta kewajiban Badan Publik untuk membenahi sistem dokumentasi dan pelayanan Informasi.

Sebelumnya, Kadis Kominfo Zahirman, S.Sos. MM menyampaikan dalam laporannya. Bahwa sosialisasi ini dilaksanakan, sebagai ikhtiar untuk memaksimalkan keterbukaan informasi di bumi Padang Pariaman. Sebagaimana yang telah diatur dalam (KIP).

”Kita berharap, tidak saja nagari Aur Malitang yang muncul di tingkat Provinsi Sumatera Barat. Tapi, ada Nagari-Nagari lain yang semakin bersinar dalam keterbukaan informasi”, harap Zahirman.

Bertindak sebagai Pemateri dalam Sosialisasi ini adalah, Komisioner Komisi Informasi Sumatera Barat Arif Yumardi dan Kadis Kominfo Zahirman selaku PPID Utama. Sebagai peserta dalam sosialisasi kali ini, seluruh Wali Nagari se Kabupaten Padang Pariaman. (Prokopim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: