Bupati Suhatri Bur Buka Workshop Jurnalistik dan Kehumasan bagi Kepala Sekolah.

Bupati Suhatri Bur Buka Workshop Jurnalistik dan Kehumasan bagi Kepala Sekolah.

Parik Malintang,- Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional dan pelaksanaan keterbukaan informasi pada Satuan Pendidikan di Kabupaten Padang Pariaman. Forum Biro Padek Grup bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman menggelar Workshop Jurnalistik dan Kehumasan bagi Kepala SD dan SMP se Kabupaten Padang Pariaman.

Kegiatan workshop yang mengusung tema “Penguatan informasi untuk mewujudkan Generasi Berjaya” tersebut, dibuka secara resmi oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur SE MM didampingi Wakil Bupati Drs. Rahmang, MM, pada Kamis (16/12) bertempat di Hall IKK (Ibukota Kabupaten) Nagari Parik Malintang Kecamatan Enam Lingkung.

Dalam sambutannya saat membuka workshop, Bupati Suhatri Bur mengatakan. Bahwa ilmu jurnalistik dan kehumasan perlu dikembangkan dalam dunia pendidikan. Dimana kegiatan jurnalistik bertujuan untuk menggairahkan budaya literasi di sekolah dan ilmu kehumasan bertujuan untuk memperkuat hubungan komunikasi antara sekoah dengan pihak terkait dalam menjalin kemitraan.

“Keterbukaan informasi sangat penting dilakukan saat ini, seiring terbitnya Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Yang bertujuan, agar tidak terjadinya kesalahan informasi yang diterima oleh masyarakat. Sehingga tidak memicu terjadinya perpecahan dan kesalahpahaman di lingkungan sekolah, terkait informasi yang disampaikan”, ujarnya.

Suhatri Bur menambahkan, dengan hadirnya narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, serta memiliki pengalaman terkait jurnalistik dan keterbukaan informasi. Diharapkan kepada para peserta, dapat memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya. Terutama untuk meningkatkan kemampuan menulis, yang memenuhi kaidah jurnalistik. Sehingga tidak ada lagi kesalahan dalam penyebarluasan informasi dan Kepala sekolah dapat mempublikasikan kegiatan melalui media yang tersedia. Disamping itu, tulisan yang dimuat pada media dan jurnal, juga dapat membantu penambahan angka kredit dalam usulan kenaikan pangkat.

“Salinlah semua ilmu yang dipaparkan oleh narasumber nantinya, karena ilmu Kehumasan dan komunikasi yang baik, sangat penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dan di lingkungan sekolah. Sehingga, Kepala Sekolah selaku pejabat pengelola Informasi dan Dokumentasi pada satuan pendidikan akan dikenal dan diketahui oleh orang banyak. Begitu juga dengan rekan media sebagai kontrol sosial, berikan informasi yang benar dan jelas. Karena, peran media sangat penting dalam mempublikasi dan menyebarluaskan kegiatan sekolah”, jelas Suhatri Bur.

Bupati juga menyampaikan bahwa Kabupaten Padang Pariaman baru saja meraih penghargaan Smart City dalam kategori smart branding. Prestasi yang dicapai itu, terkait penerapan sistem informasi dan digitalisasi dalam pelaksanaan pelayanan publik. Termasuk juga pengunaan teknologi informasi dan penerapan sistem digital dalam proses pembelajaran di sekolah.

“Dengan tersedianya fasilitas internet di sekolah, diharapkan agar sekolah membuka wadah atau sarana digitalisasi untuk pembelajaran. Disamping juga memanfaatkan media sosial secara efektif, sebagai penyaluran informasi kepada publik serta digunakan untuk mengedukasi pelajar kapanpun dan dimanapun. Sehingga, para pelajar tersebut dapat melek teknologi serta siap menerima perkembangan dan perubahan yang begitu cepat. Gunakan fasilitas internet untuk meningkatkan kreatifitas mengajar, sehingga materi yang diberikan dapat diterima dan dipahami dengan mudah oleh peserta didik,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman Drs. Anwar, M.Si dalam sambutannya. Mengucapkan terima kasih kepada Forum Biro Padek Grup yang telah menyelenggarakan workshop ini. Karena telah membantu jajarannya, terutama Kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan di bidang jurnalistik dan kehumasan.

“Kegiatan Jurnalistik dan Kehumasan merupakan kegiatan yang berperan penting dalam mensukseskan dan meningkatkan mutu pendidikan ke depan. Bagaiamana permasalahan yang terjadi di lingkungan sekolah dapat dikomunikasikan dengan baik, sepanjang kegiatan itu tidak menyalahi aturan dan bertentangan dengan hukum. Para guru dan kepala sekolah tidak perlu takut untuk bermitra dengan media, karena merupakan keuntungan jika dekat dengan media. Salah satunya adalah, untuk mempromosikan dan mengenalkan kegiatan yang telah dilakukan di sekolah”, tuturnya.

Kadis Anwar juga menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan. Agar para guru dan kepala sekolah di Padang Pariaman dapat menjalin komunikasi dengan baik, serta memiliki pengetahuan dasar jurnalistik. Sehingga peserta nantinya, memiliki kemampuan dalam mempublikasikan segala program dan kegiatan yang telah dilaksanakan di sekolah yang dipimpinnya.

Sebelumnya, Ketua Forum Biro Padek Group Efanurza dalam laporannya mengatakan. Kegiatan workshop jurnalistik dan kehumasan bagi kepala sekolah ini, sudah yang kedua kalinya digelar oleh Forum Biro Padek Gorup. Dimana sebelumnya diadakan pada tahun 2017, dengan peserta hanya untuk Kepala SD di Padang Pariaman. Pada saat itu, diikuti oleh hampir seluruh SD di Kabupaten Padang Pariaman dan terlihat peserta sangat proaktif dalam diskusi. Sehingga pada kesempatan ini, pesertanya dari guru dan kepala SD dan SMP SE Kabupaten Padang Pariaman.

“Kegiatan ini ditujukan, agar SD dan SMP di Padang Pariaman tidak saja kuat sebagai sumber informasi pendidkan. Tetapi dengan kemampuan jurnalistik yang dimiliki oleh guru dan kepala sekolah, diharapkan sekolah memiliki media informasi kedepannya. Baik yang dikemas dalam bentuk tabloid sekolah, majalah dinding (mading) ataupun website sekolah. Dengan demikian, insyaallah SD dan SMP di Padang Pariaman mampu melahirkan generasi berkualitas nantinya, sebab informasi itu merupakan jendela dunia”, ujar wartawan Pos Metro itu.

Dikatakannya, bahwa materi workshop ini akan disampaikan oleh dua orang Narasumber yang berkompeten di bidangnya dan menguasai Jurnalistik dan Sistem Informasi Digital. Bertindak sebagai moderator, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Anesa Satria, SH.MM, mantan Kabag Humas di masa kepemimpinan Bupati Muslim Kasim (alm).

“Pada sesi pertama, disampaikan oleh Wartawan Utama dari harian Padang Ekspres Sukri Umar, S.Pt,M.Si. dengan materi yang berjudul Jurnalistik dan Kemampuan Menulis. Kemudian pada sesi kedua, disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Padang Pariaman Zahirman, S.Sos. MM, yang juga selaku PPID utama, dengan materi tentang Sistem Informasi dan Pengelolaan website Sekolah. (Prokopim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: