Adib Alfikri: Peran Penting Walinagari Dalam Menerapkan Perda AKB

Adib Alfikri: Peran Penting Walinagari Dalam Menerapkan Perda AKB

Parit Malintang- Pjs Bupati Padang Pariaman Adib Alfikri, S.E., M.Si mengadakan silaturahmi dengan Walinagari se Kabupaten Padang Pariaman di Hall IKK Padang Pariaman, Parit Malintang. Pertemuan ini membicarakan beberapa hal terkait Perda AKB untuk menanggulangi Covid-19 dalam lingkungan masyarakat Padang Pariaman salah satunya yaitu dari diberhentikannya kegiatan baralek.

Adib Alfikri beserta jajaran-jajaran yang hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa kegiaan baralek merupakan kegiatan yang bisa menyebabkan klaster baru yang menjadi penyebaran Covid-19. Hal ini tentu menjadi perhatian yang serius mengingat saat ini masih banyak masyarakat Padang Pariaman yang melakukan kegiatan pesta di tengah pandemi ini. Seharusnya ini menjadi perhatian bersama masyarakat dan pemerintahan untuk bersatu melawan penularan dan penyebaran Covid-19.

“Kami mengundang Wali Nagari se-Kabupaten Padang Pariaman untuk menjadi support jembatan sosialisasi kami terhadap masyarakat. Agar warga-warga pedalaman lain yang sekiranya luput dari penglihatan bisa mematuhi Perda AKB yang berlaku. Yang mana Perda AKB ini bertujuan untuk melindungi masyarakat dari Covid-19 atau faktor resiko kesehatan masyarakat yang menimbulkan kedaruratan. Dengan melibatkan peran aktif Wali Nagari dan Masyarakatnya, maka penularan Covid-19 melalui klaster-klaster baru dapat diatasi.” Ujar Adib

Ia juga menambahkan bahwa Wali Nagari sebagai penanggung jawab kegiatan yang ada di nagari-nagari bisa melakukan tindakan-tindakan tegas terhadap masyarakat yang melanggar aturan Perda ini. Dan masyarakat yang ingin melakukan kegiatan baralek harus berkomunikasi dahulu dengan Wali Nagari tekait perizinan diadakannya kegiatan baralek. Hal ini penting dilakukan dikarenakan masih banyaknya warga yang melakukan kegiatan kumpul-kumpul seperti pesta dan lainnya tanpa memperdulikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Sebelumnya sudah ada larangan untuk melakukan kegiatan baralek dengan bantuan Satpol PP dan lainnya tetapi kalau Satpol PP saja yang berjalan maka tentu kegiatan untuk memutus mata rantai Covid-19 tentu masih belum cukup. Maka dari itu kami berharap perangkat desa seperti Wali Nagari, Wali Korong beserta anggota lainnya turut andil dan bekerja sama dalam mencegah dan mengendalikan penularan Covid-19. Wali Nagari juga harus berkoordinasi dengan KUA untuk bersama-sama dalam mengerjakan tugas memutus rantai Covid-19 melalui klaster baru.” Tambah Adib

Ia berharap jika perangkat desa beserta jajaran lainnya bekerja sama dan saling berkoordinasi, maka hal itu bisa menjadi cara yang ampuh dalam penyebaran dan penularan Covid-19 dalam masyarakat dan mewujudkan kesadaran bersama dalam rangka mencegah dan mengendalikan Covid-19 di daerah-daerah dengan melibatkan peran aktif masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: