Ali Mukhni Serahkan Bantuan 36 Unit Rumah Khusus Nelayan

Ali Mukhni Serahkan Bantuan 36 Unit Rumah Khusus Nelayan

Batang Gasan- Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman menyerahkan bantuan rumah khusus nelayan kurang mampu di nagari Gasan Gadang Kecamatan Batang Gasan pada Rabu (16/09).

Bantuan ini diberikan langsung oleh Bupati Padang Pariaman Drs. Ali Mukhni yang terdiri dari 36 unit 16 kopel.

Dalam sambutannya Ali Mukhni mengatakan Pembangunan rumah khusus nelayan terutama nelayan yang termasuk dalam kategori tidak mampu melalui fasilitasi bantuan dari Kementerian PUPR melalui program sejuta rumah layak huni bagi masyarakat dan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.

“Sebagian besar mata pencarian masyarakat Padang Pariaman adalah nelayan, untuk itu kita akan memberikan dukungan kepada nelayan agar dapat memberikan semangat untuk bekerja, sehingga nelayan bisa merencanakan hidup yang lebih baik lagi kedepan,” ungkapnya.

Total anggaran keseluruhan dalam pembangunan perumahan ini sebedar 5,8 milyar, dengan rincian anggaran jalan sebesar 650 juta yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Padang Pariaman tahun 2018, 4,7 milyar berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2018 dan 2019, dan Bantuan anggaran pemasangan instalasi listrik 550 juta dari PLN.

Ali Mukhni Menggunting Pita tanda Persemian Rumah Khusus Nelayan

Selain itu Ali Mukhni mengharapkan kawasan perumahan ini bisa menumbuhkan kawasan perikanan terpadu yaitu seperti pusat pendaratan ikan hasil tangkapan nelayan, pusat pemasaran ikan melalui rantai pemasaran dari nelayan ke konsumen dan dari nelayan ke pedagang eceran.

“Alhamdulillah dengan dibangunnya kawasan perumahan khusus kami berharap tempat ini dapat menjadi kota mini yang berorientasi pada sektor kawasan perikanan terpadu, wisata bahari dan wisata kuliner berbahan baku ikan,” Ujarnya.

Ali Mukhni mengupayakan penambahan 100 unit rumah lagi pada tahun 2021 mendatang.

“InsyaAllah kami akan menambahkan 100 unit lagi dan akan dibangun pada tahun 2021 mendatang, kami berharap kepada seluruh masyarakat kita dapat bekerjasama agar pembangunan ini bisa berjalan dengan lancar,” tambahnya.

Sementara itu tokoh masyarakat Batang Gasang Afrianda mengatakan bantuan ini merupakan berkat kegigihan dan perjuangan Ali Mukhnu melobi bantuan ke Kementerian PUPR.

“Kami masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Bupati Padang Pariaman yang sudah memperjuangkan bantuan untuk masyarakat kami, semoga bapak selalu diberikan kesehatan sehingga bisa terus memperjuangkan masyarakat,” ujar anggota DPRD Padang Pariaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: