Padang Pariaman Perbaiki Penggunaan Bahasa Melalui Sosialisasi Pengawasan dan Pengendalian Pengunaan Bahasa Negara Media Luar Ruang

Padang Pariaman Perbaiki Penggunaan Bahasa Melalui Sosialisasi Pengawasan dan Pengendalian Pengunaan Bahasa Negara Media Luar Ruang

 

PDG.PARIAMAN, METRO – Pengunaan Bahasa Indonesia sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) hingga kini belum sempurna. Berdasakan kondisi demikian, kemarin, Dinas Kominfo Padangpariaman bersama Balai Bahasa Sumatra Barat mengelar sosialisasi pengawasan dan pengendalian pengunaan bahasa negara media luar ruang.

“Kegiatan ini sangat berguna agar dalam pemakaian basah luar ruang seperti tulisan di spanduk, baliho, neon bos dan jenis lainnya sesuai dengan EYD,” kata Kadis Kominfo Padangpariaman Zahirman saat membuka acara sosialisasi pengawasan dan pengendalian bahasa negara media luar ruang, kemarin.

Katanya, dengan ada sosialisasi ini akan ditemukan solusinya tentang pengunaan bahasa Indonesia di media luar ruang ini.

“Semua itu sangat penting dalam menjaga identitas dan jati diri dari bangsa Indonesia dalam pemakaian bahasa Indonesia yang baik ditengah-tengah masyarakat,” ungkap Zahirman.

Ini katanya, perlu dilakukan karena Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah terancam punah; begitupun pemakaian bahasa Indonesia (BI) di ruang publik tersisih; belum lagi penggunaan bahasa daerah (BD) di beberapa daerah lebih dominan bahkan dalam layanan publik.

Sehingga bahasa asing (BA] menggeser penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa daerah.

“Karena itulah perlu kita lakukan diskusi terpumpun seperti yang dilaksanakan sekarang dalam pengawasan dan pengendalian Bahasa Indonesia,” ujarnya.

Dikatakan, sebagai warga negara yang baik harus menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.Baik dalam arti, menggunakan bahasa sesuai dengan situasi dan kondisi. Sebaliknya, benar artinya pengguna bahasa harus memanfaatkan kaidah bahasa, seperti tercantum dalam EYD

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: