Padang Pariaman Raih Kabupaten Layak Anak

Padang Pariaman Raih Kabupaten Layak Anak

Makassar (23/07/2019). Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise serahkan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kepada Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni. Penghargaan diberikan bertepatan dengan Peringatan Hari Anak Nasional yang dipusatkan di Kota Makasar, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (23/7).
 
“Alhamdulillah, prestasi tingkat nasional kembali kita raih. Ini tentu berkat kerja keras dan kerja sama seluruh pihak. Penghargaan ini kita persembahkan untuk masyarakat Padang Pariaman,” kata Ali Mukhni didampingi Kepala Bidang Perlindungan Anak Arosi Febri Yenti. 
 
Ke depan, orang nomor satu di Padang Pariaman berkomitmen meningkatkan pemenuhan hak anak di segala bidang. Seperti Ruang Bermain Ramah Anak, Puskesmas Ramah Anak, Kecamatan dan Nagari Ramah Anak. Kemudian juga melibatkan Forum Anak dalam kegiatan pemerintahan, pembangunan, sosial kemasyarakatan, kebencanaan dan lainnya. 
 
Bupati Ali Mukhni apresiasi kerja keras seluruh Organisasi Perangkat Daerah, Forkopimda, Instansi Vertikal, Perangkat Kecamatan, Forum Anak, Nagari, Media, LSM, Dunia Usaha dan lainnya yang berkomitmen mendukung Kabupaten Layak Anak (KLA).
 
“Pemerintah Daerah bersama DPRD berkomitmen mewujudkan KLA dan mendukung keberadaan Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor,” kata Bupati yang digadang menjadi Gubernur Sumbar itu. 
 
Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Hendra Aswara mengatakan bahwa pencapaian penghargaan KLA tahun ini atas dukungan dari seluruh stakeholders dan masyarakat. Bahkan Pemerintah nagari telah fokus dalam pemenuhan hak anak dan melibatkan forum anak dalam pembangunan dan sosial kemasyarakatan. 
 
Dijelaskannya bahwa penghargaan KLA berdasarkan penilaian terhadap Lima Kluster untuk memenuhi kebutuhan hak anak. Yaitu kluster Hak Sipil dan Kebebasan, Lingkungan Keluarga, Pendidikan dan Kebudayaan, Kesehatan Dasar dan Perlindungan Khusus.
 
“Tim verifikasi lapangan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memuji komitmen bapak Bupati sehingga meraih KLA,” tambahnya.
 
Sementara Menteri PPPA Yohana Yembise mengapresiasi kepada Gubernur dan para Bupati/Walikota yang telah memiiliki tekad kuat untuk mewujudkan Provinsi dan kabupaten/kota menuju Provinsi dan Kabupaten/Kota Layak Anak.
 
Penghargaan ini, tambah Yohana, diberikan guna mendorong pemerintah daerah tingkat II memenuhi kebutuhan anak Indonesia. Target KPPPA adalah Indonesia idola anak 2030.

“Kita harus ingat bahwa melindungi satu orang anak, berarti melindungi satu bangsa. Jika semua kabupaten/kota mempunyai komitmen menjadi KLA, maka kita berharap Indonesia Layak Anak atau IDOLA akan terwujud,” ujar Yohana Yembise.
 
Ketua Forum Anak Kabupaten Padang Pariaman Adrian mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Pemerintah Daerah dalam mendukung KLA.

Penghargaan ini bentuk apresiasi dan akan menambah motivasi untuk lebih menyiapkan kedepan bahwa Kabupaten Padang Pariaman menjadi daerah yang peduli dengan hak anak dan menjadi tempat yang nyaman serta ramah bagi semua anak.
 
“Selamat kepada bapak Bupati dan seluruh pihak yang terlibat serta menjadi kebanggaan sebagai forum anak Padang Pariaman,” kata Adrian

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: