Pemda Padang Pariaman Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional

Paski Padang pariaman mengibarkan bendera merah putih dalam upacara peringatan hari Kebangkitan Naional ke 111 di halaman IKK Parit Malintang(20/5)

Parit Malintang, (Diskominfo)- Untuk menghargai jasa pahlawan dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke 111 Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman menggelar upacara di hal Kantor IKK Parit Malintang (20/5).

Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatribur selaku inspektur upacara menyampaikan sambutan dari Menkominfo RI yang mana dalam sambutannya beliau menyampaikan Telah lebih satu abad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditingkah bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrem di dunia, kita membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan sampai detik ini. Oleh sebab itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia.

Dengan semua harapan tersebut, kiranya sangat relevan apabila peringatan Hari Kebangkitan Nasional, disematkan tema “Bangkit Untuk Bersatu“. Kebangkitan untuk Persatuan. Bangsa ini adalah bangsa yang besar. Yang telah mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad. Kuncinya ada dalam dwilingga salin suara berikut ini: gotong-royong.

Menurut Bung Karno: “Jika kuperas yang lima ini menjadi satu, maka dapatlah aku satu perkataan yang tulen, yaitu perkataan gotong royong. Gotong-royong adalah pembantingan-tulang bersama, pemerasan-keringat bersama, perjoangan bantu-binantu bersama. Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua. Ho-lopis-kuntul-baris buat kepentingan bersama! Itulah Gotong Royong!”

Bukan hanya di tanah Jawa, semangat persatuan dan gotong-royong telah mengakar dan menyebar di seluruh Nusantara. Ini dibuktikan dengan berbagai ungkapan tentang kearifan mengutamakan persatuan yang terdapat di seluruh suku, adat, dan budaya yang ada di Indonesia.

Wakil bupati Padang Pariaman Suhatribur membacakan sambutan dari Menkominfo RI pada upacara peringatan hari Kebangkitan Nasional ke 111 (20/5)

Wakil Bupati padang pariaman Suhatribur menghimbau bahwa dalam rangka mempringati hari kebangkitan nasional yang ke 111 ini  mari selalu kita memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara kita ini dan menjaga sumberdaya manusia kita agar bias menjadi penerus perjuangan bangsa kita untuk memajukan negara ini.

Suhatribur menambahkan,  kami Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman juga berbangga dalam pelaksanaan perhelatan akbar demokrasi pemilihan eksekutif dan legislatif kemaren di Padang Pariaman berjalan dengan baik, aman, damai dan berdunsanak

Usai upacara, rombongan Pemda, Forkopimda, Kepala OPD Pemda Padang Pariaman hadir mengikuti upacara bertolak menuju Makam Pahlawan Tugu Renvil Tapakis untuk melaksanakan tabur bunga.

Pemda Padang Pariaman, forkopimda, beserta OPD melakukan tabur bunga di makan pahlawan Tugu Renvile Tapakis (20/5)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: