Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon Kunjungi Pembangunan Jembatan Koto Buruak di Lubuk Alung

Home / Berita / Berita Terkini / Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon Kunjungi Pembangunan Jembatan Koto Buruak di Lubuk Alung
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon Kunjungi Pembangunan Jembatan Koto Buruak di Lubuk Alung

Bupati Ali Mukhni bersama Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meninjau Pembangunan Jalan Lingkar Duku – Sicincin (JLDS) di Jembatan Koto Buruak  Lubuk Alung

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyatakan keyakinannya bahwa Padang Pariaman menjadi daerah sebagai pusat pertumbuhan ekonomi

. Ia beralasan dengan pesatnya pembangunan infrastruktur bertaraf internasional akan memacu tumbuhnya investasi dan ekonomi kreatif yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut ia sampaikan ketika meninjau megaproyek Pembangunan Jalan Lingkar Duku – Sicincin (JLDS) bersama Bupati Ali Mukhni, Jumat, (30/1). Turut menyertai rombongan itu antara lain Anggota DPR RI Syuir Syam dan Anggota DPRD Tri Suryadi.

“Pembangunan infrastruktur di Padang Pariaman sangat pesat. Di antaranya Pembangunan Jembatan Koto Buruak di Lubuk Alung, yang menghubungkan JLDS, Insya Allah ke depan daerah ini akan pesat pertumbuhan ekonominya,” ucap Politisi Partai Gerindra itu.

Pada kesempatan itu Fadli Zon mengunjungi tiga dari empat jembatan yang telah selesai dibangun yang menghubungkan JLDS, yaitu Jembatan Buayan, Koto Buruak dan Jembatan Kapalo Hilalang. Sebelum menuju Jembatan Kapalo Hilalang, Kayu Tanam, ia juga sempat mengunjungi Kawasan Ibukota Kabupaten Padang Pariaman di Parit Malintang.

Ia melihat kantor bupati yang berdiri megah dan berwawasan lingkungan. Kantor Bupati ini sangat strategis karena juga dilalui JLDS yang artinya kawasan ibukota nantinya menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan.

“Kita apresiasi kerja keras dan kesungguhan Bupati Ali Mukhni dalam membangun daerah. Kita siap bantu percepatan penyelesaian pembangunan JLDS dan pembangunan megaproyek lainnya yang sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat,” kata Fadli Zon.

Bupati Ali Mukhni juga mengekpos pembangunan megaproyek yang sedang dan yang akan dibangun yang terletak di Padang Pariaman. Antara lain Asrama Haji yang rencananya akan diletakkan batu pertamanya pada bulan Maret mendatang oleh Menteri Agama RI. Asrama haji dengan luas lahan 10 hektar itu telah dianggarkan sebesar Rp100 miliar pada tahun 2015. Ali Mukhni meminta kepada Bapak Fadli Zon agar menambah dana  pembangunan sebesar Rp50 miliar lagi pada APBN Perubahan tahun 2015.

“Ijin Pak Ketua, Insya Allah bulan Maret mendatang diadakan peletakan batu pertama pembangunan Asrama Haji di Nagari Sungai Buluh, Batang Anai, dengan luas lahan 10 hektar. Lokasinya sangat strategis, hanya 2,5 kilometer dari Bandara Internasional Minangkabau. Mohon dukungan Bapak Ketua,” pinta Alumni Lemhanas 2012 itu.

Selanjutnya pembangunan Main Stadion dengan luas lahan 50 hektar yang terletak di Lubuk Alung. Main stadion ini akan memakan biaya sebesar Rp1,6 triliun melalui APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota. Untuk pembebasan lahan telah dilakukan pada tahun 2014 yang lalu dan dilanjutkan pembayarannya pada tahun 2015 ini.

“Pembebasan lahan sebagian telah diselesaikan oleh Pemerintah Provinsi dan Insya Allah tahun 2015 ini akan dilunasi semuanya. Kalau tak ada halangan, tahun ini peletakan batu pertama pembangunan Main Stadion yang bertaraf internasional. Kita mohon dukungan dari Pak Ketua,” kata Alumnus Harvard Kennedy Schooll di Amerika Serikat itu.

Selain itu juga pembangunan MAN Insan Cendikia bertaraf Internasional di Sintuk, Kecamatan Sintuk Toboh Gadang dengan luas lahan 10 hektar dengan dana Rp60 miliar. Saat ini telah selesai pembangunan asrama dan ruang kelas berlantai dua. Sekolah ini nantinya akan mencetak ulama-ulama besar dan calon pemimpin bangsa ke depan.

Mendengar ekspos bupati tersebut, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyatakan dukungan sepenuhnya untuk percepatan pembangunan megaproyek tersebut. Ia meminta bupati menyiapkan proposal untuk penganggaran berbagai megaproyek dan program sosial kemasyarakatan yang ada di Padang Pariaman.

“Bapak Fadli Zon sangat peduli dengan pembangunan yang ada di Sumbar, khususnya Padang Pariaman. Beliau juga kebanggaan urang awak yang menjadi pimpinan DPR RI. Semoga Allah Yang Mahakuasa senantiasa memberikan kekuatan dalam menjalankan amanah untuk berbuat yang terbaik bagi Bangsa Indonesia,” ucap Ali Mukhni.

Sementara itu, Anggota DPRD Tri Suryadi mengatakan optimis Padang Pariaman akan semakin maju dan berkembang. “Kita semua tahu, Padang Pariaman merupakan daerah yang terparah pasca gempa 2009 yang lalu. Namun, sejak empat tahun terakhir banyak sekali perubahan dengan adanya pembangunan mega proyek berskala besar. Semoga bermanfaat dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata pria yang akrab disapa Wali Peri itu.(sumber SO.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: