Ali Mukhni Salut dengan Masyarakat Sintuk

Home / Berita / Berita Terkini / Ali Mukhni Salut dengan Masyarakat Sintuk

Sintoga (06/03/2014). Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni salut dengan kekompakan masyarakat yang mendukung pembangunan MAN Insan Cendikia di Nagari Sintuk Kecamatan Sintuk Toboh Gadang. Perasaan bahagia tersebut disampaikannya ketika menghadiri Maulid Nabi di Surau Balai Usang, Kamis, (6/3).

Sebagaimana diketahui, Kementerian Agama RI akan membangun MAN Insan Cendikia di Nagari Sintuk kecamatan Sintuk Toboh Gadang. Dari 497 Kabupaten/Kota hanya terdapat 13 buah MAN Insan Cendikia di seluruh Indonesia.

Tentunya mendapatkan MAN Insan Cendikia ini sangatlah sulit karena dilakukan dengan kajian yang mendalam baik segi teknis dan kesiapan daerah yang ditunjuk serta bersaing dengan daerah lain. Namun berkat perjuangan dan lobi serta dukungan Gubernur Irwan Prayitno maka Padang Pariaman ditunjuk sebagai lokasi pembangunan MAN Insan Cendikia.

“Bayangkan saja dari 497 Kabupaten dan Kota, hanya 13 daerah yang memiliki MAN Insan Cendikia. Dengan ijin Allah SWT, salah satunya terletak di Padang Pariaman tepatnya di Nagari Sintuk,” kata Bupati Ali Mukhni.

Dijelaskannya bahwa pengerjaan MAN Insan Cendikia telah dimulai pada tahun 2013 lalu yang ditandai dengan pemasangan pagar lokasi seluas 10 hektar. Pada Tahun 2014 akan kembali dilanjutkan pembangunan pagar dan fisik bangunan dengan dana puluhan milyar dan akan diadakan segera peletakan batu pertama MAN Insan Cendikia oleh Menteri Agama RI Surya Dharma Ali pada Tahun 2014 ini.

“Insya Allah, sekiranya tak ada halangan, tahun ini peletakan batu pertama pembangunan MAN Insan Cendikia oleh Bapak Menteri Agama RI,” kata Ali Mukhni lagi yang didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.

Selanjutnya Bupati Ali Mukhni mengatakan MAN Insan Cendikia ini telah ditinjau oleh Komisi VIII DPR RI dan pejabat dari Kemenag RI. Dalam peninjauan tersebut dinyatakan lokasi MAN IC di Sintuk ini sangat strategis karena jarak tempuh yang dekat dari Bandara Internasional Minangkabau dan tidak jauh pula dengan Kawasan wisata religius makam syekh Burhanuddin yang merupakan seorang ulama yang membawa ajaran Islam pertama kali di Sumatera Barat.

Bupati Ali Mukhni juga mengatakan Nagari Sintuk akan tumbuh pesat sebagai dampak pembangunan MAN Insan Cendikia. Mulai dari peningkatan sumber daya manusia yang akan mencetak kader-kader ulama bangsa, membuka lapangan kerja hingga meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat dimana diperkirakan milyaran uang yang beredar setiap bulannya di tengah masyarakat. Ali Mukhni juga optimis bahwa nagari sintuk tidak akan kalah majunya dengan Nagari Tyang juga sedang dibangun Badan Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) dan Pelabuhan Tiram.

“Untuk itu, saya mohon dukungan seluruh lapisan masyarakat untuk mengawal pembangunan MAN Insan cendikia hingga selesai. Dampak positifnya sangat besar untuk kesejahteraan masyarakat nagari sintuk,” kata Ali Mukhni mengakhiri.

{jcomments on}

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: