IKK Padang Pariaman Akan Diramaikan Kantor Instansi Vertikal

Home / Berita / Berita Terkini / IKK Padang Pariaman Akan Diramaikan Kantor Instansi Vertikal
IKK Padang Pariaman Akan Diramaikan Kantor Instansi Vertikal

Parik Malintang (25/02/2014). Kawasan Ibukota Kabupaten Padang Pariaman di Pasa Dama Nagari Parit Malintang akan semakin ramai seiring dibangunnya beberapa kantor pemerintahan mulai tahun 2014 ini. Diantaranya Kantor Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Badan Pertanahan Nasional, Kantor Samsat dan lain-lain. Kabar ini terungkap setelah kedatangan Ketua Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama menemui Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni di Ruang kerjanya, Selasa (25/2).

Dalam perencanaan pembangunan kantor Pengadilan Negeri dibutuhkan lahan seluas satu hektar. Karena Pengadilan negeri nantinya akan dilengkapi juga ruang tahanan bagi narapidana dan lapangan parkir yang luas untuk masyarakat yang ingi menghadiri sidang pengadilan. Nantinya tanah tersebut harus disertifikatkan atas nama hak milik Mahkamah Agung RI.

Sedangkan untuk kantor Pengadilan Agama akan disediakan lokasi seluas 5.000 meter yang berdampingan dengan kantor Pengadilan Negeri sehingga mudah diakses oleh masyarakat.

“Kantor Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri akan ditempatkan berdampingan di lokasi pinggir jalan Duku-Sicincin sehingga mudah diakses masyarakat” kata Bupati Ali Mukhni yang juga Ketua LSM Pekat Indonesia Bersatu Propinsi Sumatera Barat.

Dijelaskannya untuk kantor Samsat, Badan Pertanahan Nasional dan Badan Pusat Statistik telah dialokasikan tanah masing-masing seluas 3000 meter di kawasan IKK.

“Jadi Kawasan IKK ini memang kita peruntukan untuk seluruh jajaran pemkab maupun untuk instansi vertikal. Dan kami sudah sepakat seluruh bangunan dengan disain bagonjong,” kata Bupati Ali Mukhni yang didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.

Bupati Ali Mukhni menjelaskan disain bagonjong itu harus dipertahankan karena menjadi ciri khas dari Ranah Minang. Disamping itu yang paling utama bagonjong itu bukanlah lambang tanduk kerbau tapi menggambarkan orang yang sedang berdoa. Disain bagonjong tersebut terinspirasi dari amanat tokoh nasional H. Azwar Anas kantor kepada Ali Mukhni ketika mengunjungi IKK Padang Pariaman belum lama ini.

“Saya dapat ilmu dari Ayahanda Azwar Anas yang mengatakan disain bagonjong itu bukanlah tanduk kerbau, tapi menggambarkan orang yang sedang berdoa,” kata Bupati Ali Mukhni yang didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.

 

{jcomments on}

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: