Ali Mukhni: Koperasi Solusi Untuk Ekonomi dan Pembangunan

Home / Berita / Berita Terkini / Ali Mukhni: Koperasi Solusi Untuk Ekonomi dan Pembangunan
Ali Mukhni: Koperasi Solusi Untuk Ekonomi dan Pembangunan

Padang Sago (27/02/2014). Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2013 Koperasi Pasar (Koppas) Padang Sago terasa istimewa karena kehadiran Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni di Aula Camat Padang Sago, Kamis (27/2).

Ketua Koppas Padang Sago Afrizal dalam sambutannya terkait kehadiran Bupati Ali Mukhni menyebutkan dapat diartikan tingginya perhatian pemerintah dan komitmen tinggi untuk memajukan koperasi di Padang Pariaman.

Koppas Padang Sago telah berdiri sejak delapan tahun yang lalu yaitu tahun 2005. Anggota Koperasi ini dari tahun ke tahun terus meningkat dan data terakhir jumlah anggota mencapai 396 orang.

“Alhamdulillah jumlah anggota koperasi terus meningkat, saat ini sudah berjumlah 396 orang. Hal ini tidak terlepas dari binaan dan dukungan Pak Bupati,” kata Afrizal.

Dijelaskannya Koppas Padang Sago memiliki simpanan sebanyak Rp1,7 milyar pada akhir tahun 2013. Koppas Padang Sago menyediakan pelayanan pemberian pinjaman dan pelayanan Jasa. Adapun beberapa pelayanan simpanan tersebut diantaranya Simpanan sukarela, Simpanan khusus, Simpanan Qurban dan Simpanan Peduli Koperasi. Kedepan Kopaas Padang Sago berencana akan mengembangkan pelayanan ekonomi kreatif yang ditujukan kepada Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam bentuk bantuan permodalan serta pelayanan asuransi.

Berkat kerja keras dan komitmen kuat mukai dari pengurus dan anggota, Koppas Padang Sago telah banyak meraih penghargaan tingkat nasional dan propinsi. Mulai tahun 2007 dan 2009 meraih penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Kemudian tahun 2010 dan 2012 meraih penghargaan pengelolaan koperasi terbaik tingkat propinsi yang kemudian diusulkan menjadi salah satu koperasi terbaik tingkat nasional.

Koppas Padang Sago juga aktif dalam kegiatan keagamaan dan sosial kemasyarakatan. Dimana setiap memasuki bulan suci Ramadhan juga diadakan safari Ramadhan dan turut menyumbang bantuan pembangunan mesjid atau musholla. Hal itu tentunya bertujuan untuk sosialisasi dan agar lebih mendekatkan lagi koperasi kepada jamaah mesjid.

“Kami berharap Koppas Padang Sago benar-benar dirasakan kehadiraannya di tengah masyarakat,” kata Afrizal.

Sementara itu Ketua Dewan Koperasi Wilayah Sumatera Barat Khairul Darwis mengatakan pertumbuhan dan perkembangan koperasi sangat pesat di Padang Pariaman. Hal ini membuktikan sebuah komitmen tinggi dan perhatian besar seorang kepala daerah. Tanpa dukungan pemimpin daerah beserta jajarannya maka mustahil koperasi akan jadi primadona di tengah-tengah masyarakat.

“Bupati Ali Mukhni punya komitmen tinggi dan perhatian besar terhadap pengembangan koperasi rakyat di Padang Pariaman. Karena kami akan mengusulkan pemberian penghargaan tingkat nasional kepada beliau,” kata Khairul Darwis putra asli Piaman ini.

Bupati Ali Mukhni sangat senang melihat antusias pedagang pasar padang sago menjadi anggota koperasi yang bertujuan untuk membantu anggota dalam kegiatan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan.

Atas keberhasilan pengurus Koppas Padang Sago dalam mengelola koperasi, Bupati Ali Mukhni tergugah untuk mendaftar menjadi anggota koperasi dan untuk simpanan awal sebanyak satu juta rupiah. Dia pun berharap Koppas Padang Sago menjadi percontohan di tingkat nasional.

Untuk pengembangan koperasi di tengah masyarakat Bupati Ali Mukhni punya motto bahwa “Bersama anggota membangun koperasi dan  bersama koperasi kita bangun nagari”.

“Kita jadikan koperasi untuk peningkatan ekonomi dan pembangunan masyarakat dan nagari,” kata Ali Mukhni yang didapimpingi Kabag Humas Hendra Aswara.

 

{jcomments on}

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: