Bupati Buka Acara Alek Nagari Ulakan

Home / Berita / Berita Terkini / Bupati Buka Acara Alek Nagari Ulakan
Bupati Buka Acara Alek Nagari Ulakan

Kedatangan Bupati bersama rombongan disambut dengan tari ulu ambek diiringi dengan indang dan debus khas dari Korong Sikabu Nagari Ulakan bersama ninik mamak dalam acara alek anak nagari, Minggu (10/11) di Ulakan Tapakis.
“Ulu ambek ini merupakan budaya tradisional Padang Pariaman bahkan ini budaya turun temurun dari masa Syeh Burhanuddin di Ulakan, menurut cerita terdahulu budaya ini sudah ada dari zaman itu,” ungkap Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni.

Kita berharap dengan diadakan acara alek anak nagari ini, supaya terjalin persatuan dan kesatuan, etika dan tata krama juga menjalin silaturahmi antara pemuka adat, antara ninik dengan mamak, antara pemuda dengan ninik dan mamak makin kokoh dalam bermasyarakat.

Pemerintah, menurut Bupati sangat mengapresiasi, mendukung progam budaya anak nagari ini, dan juga siap bekerjasama bahkan ke depan akan diprogramkan acara anak nagari ini untuk tingkat Kabupaten Padang Pariaman, “Kita berharap ajang ini merupakan ajang silaturahmi dan melestarikan dengan mengembangkan budaya adat lokal,” tambah Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati ikut menyumbang untuk mensukseskan acara alek anak nagari ini, kemudian diikuti oleh unsur SKPD sehingga terkumpul sumbangan sebesar Rp3,5 juta.

Sebelumnya Ketua Panita Sukiman, S.Pd, menyampaikan laporan dan ucapan terima kasih, bahwa pelaksanaan acara ini didukung oleh pemerintah daerah dan para donatur dari Ulakan maupun dari luar Ulakan. “Sampai acara ini selesai diperkirakan membutuhkan dana pembangunan laga-laga sekitar 170 juta,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: