DPT Padang Pariaman di Tetapkan

Home / Berita / Berita Terkini / DPT Padang Pariaman di Tetapkan
DPT Padang Pariaman di Tetapkan

 

KPU Padang Pariaman menetapkan DPT melalui Rapat Pleno terbuka bertempat di Hotel Nan Tongga Pariaman. Rapat Pleno ini dilaksanakan sebagai konsistensi KPU dalam menjalankan aturan berkaitan

dengan tahapan pemilu 2014, dalam mana menurut Peraturan KPU nomor 06 Tahun 2013 (perubahan ke-4) berisi Tahapan, Program dan Jadwal memuat ketentuan bahwa dalam rentang tanggal 7-13 September 2013 KPU Kabupaten/Kota menetapkan DPT.

Rapat Pleno ini berjalan dengan lancar yang diikuti/hadiri oleh 5 (lima) Komisioner KPU Padang Pariaman, 17 PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), 2 (dua) anggota Panwaslu kabupaten Padang Pariaman, Kepala Kesbangpol, Kepala Disduk Capil (yang mewakili), Kapolres Padang Pariaman (yang mewakili), 12 Pimpinan Partai Politik. Acara yang berlangsung dari jam 10.00 WIB berakhir pada pukul 12.50 WIB ini berhasil menetapkan 307.715 Pemilih Tetap untuk pemilu 9 April 2014 di Kabupaten Padang Pariaman.LIHAT DPT

Meskipun DPT ini telah ditetapkan, mengacu kepada Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 619 maka untuk menghasilkan daftar pemilih yang benar-benar berkualitas maka KPU Kabupaten/Kota masih diperintahkan untuk melakukan “pembersihan” data untuk menemukan data pemilih bermasalah (ganda, meninggal dunia, nihil IK, perubahan status TNI/Polri dan sejenisnya) dan memperbaikinya sampai dengan 11 Oktober 2013.

Berdasarkan kepada SE 619 tersebut, KPU menjelaskan kepada peserta rapat bahwa DPSHP Akhir yang ditetapkan PPS (paling lambat) 6 September 2013 lalu masih akan berubah karena KPU masih melakukan “pembersihan” data tersebut. Akibatnya data pemilih yang sekarang belum final karena mungkin akan berubah sampai nanti ditetapkan final oleh KPU RI dan setiap perubahan akan terekam dalam berita acara/laporan perkembangan DPT.

Kerja keras PPS dan PPK sangat penting dalam tahapan penyusunan daftar pemilih ini, karena merekalah yang menjadi ujung tombak sehingga DPT ini bisa disusun dan ditetapkan. KPU memberikan apresiasi dan penghargaan untuk komitmen dan loyalitas kerja yang mereka tunjukan. Sukses Pemilu 2014!(website kpu)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: