Register

Makam Syekh Burhanuddin

Beralamat di Korong Manggopoh Dalam, Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis. Makam ini sangat mudah diakses, baik dengan kendaraan roda dua maupun lebih, karena terletak di dekat Jalan Raya Pariaman-Bandara (BIM). 0°41'50.50” LS dan 100°11'2.55” BT. Makam ini merupakan tempat dikuburkannya Syekh Burhanuddin, salah seorang penyebar dan tokoh agama Islam awal di Sumatera Barat.Makam Syekh Burhanuddin berada dalam sebuah gobah (cungkup makam) berukuran 4,5 m x 5 m.  Selain makam Syekh Burhanuddin, di dalam gobah ini terdapat 2 makam lainnya, yaitu makam para murid Syekh. Gobah Makam Syekh Burhanuddin sendiri juga berada dalam sebuah komplek makam.Secara morfologis, makam Syekh Burhanuddin terdiri dari jirat dan nisan. Jirat berdenah persegi panjang berukuran 2 m x 1 m terbuat dari bahan mortar (batu berspesi), sedangkan nisan (baru) terbuat dari batu.

Syekh Burhanuddin juga dikenal sebagai penyebar agama di Minangkabau pada abad ke-17. yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang agama Islam dan juga dipercayai memiliki kekuatan supranatural.

Meninggalnya Syekh Burhanuddin pada tanggal 10 Syafar tidaklah membuat kharisma beliau tertelan oleh bumi. Hal ini terbukti sampai saat ini makam beliau masih dikunjungi oleh peziarah yang dikenal dengan BASAPA.

Basapa adalah  ziarah ke makam Syekh Burhanuddin di Nagari Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman. Ziarah itu dilakukan untuk memperingati wafatnya sang ulama penyebar agama Islam. 

Bangunan makam tersebut bercirikan arsitektur masjid pada abad ke-16. Dapat ditemui di Kecamatan Ulakan Tapakis 12 kilometer dari Pariaman. Suasana religius sangat terasa disekeliling makam tersebut.

Jajak Pendapat

Bagaimana Mnurut Anda Pelayanan Publik di Padang Pariaman